TIP BELANJA ONLINE CATERING

TIP BELANJA ONLINE CATERING


Tip Belanja Online Catering ataupun Rumah Makan sama halnya dengan belanja online lainnya, jeli dan teliti merupakan kunci untuk menghindari penipuan.
Tip Belanja online
Pada artikel ini Kang Asep sedikit mengulas mengenai cara / Tip Belanja online sesuai dengan profesi yakni dalam jual beli online Rumah Makan, Catering dan layanan kuliner lainnya.

Belanja online merupakan salah satu cara belanja praktis di jaman modern ini, tidak menyita waktu untuk pemesanan dari jarak jauh,  dengan menggunakan  Komputer, Laptop, Note book, bahkan saat ini lebih praktis dengan menggunakan Handphone dengan di lengkapi jaringan internet, semua bisa mencari apa yang kita butuhkan,

Seiring dengan kemudahan berbelanja ini, ternyata banyak juga bermunculan yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan sehingga tak sedikit orang yang tertipu akan jual beli online, untuk menghindari hal ini, Kang Asep sedikit berbagi tip dalam melakukan pembelian/belanja online khususnya dalam Bidang Catering, Rumah Makan jan jasa kuliner lainnya, sebagai berikut :

1. Riset Situs Web dimana anda akan melakukqan pembelian / pemesanan.
Carilah situs yang familiar dengan berani menampilkan Alamat lengkap dan nomor telephon, dengan mencantumkan Alamat yang banyak ataupun nomor telephon lebih dari satu apalagi mampu memunculkan nomor telephon Rumah, merupakan salah satu keterbukaan pihak penjual untuk dat kita cross check.

Pastikan anda telah hubungi telephon yang tertera kemudian tingkatkan kepercayaan anda dengan mengunjungi mesin pencari Google, Bing, ataupun Yahoo kemudian masukan nama situs yang anda maksud,:
  • Lebih mengutamakan situs yang berbasis milik sendiri dan berbayar, hal ini menandakan bahwa situs yang diolah benar benar serius.
  • Carilah komentar positif dan negatif akan situs yang anda maksud, apabila terdapat hal hal yang negatif dan berlebihan sebaiknya anda tinggalkan saja dan cari situs lain.
  • Apabila situs yang anda cari muncul pada google Bisnis, ini merupakan bertanda bahwa situs tersebut ada ataupun pernah ada yang telah diverifikasi oleh Google.

2. Tidak tergiur dengan nominal Harga Murah
Seperti kita ketahui bahan bahan makanan yang menjulang tinggi, merupakan pedoman kita untuk sedikit membaca dan memprediksi harga jual makanan jadi, dengan munculnya harga murah lebih baik anda jeli untuk menanyakan info akan ukuran, karena pada dasarnya apabila sebuah catering dapat mengikuti harga yang anda inginkan serendah mungkin pada dasarnya akan mengurangi ukuran makanan tersebut.

3. Cara Pembayaran
Sebagian besar Catering ataupun Rumah Makan tidak menggunakan pembayaran lewat Kartu Kredit dan jenis pembayaran online lainnya bahkan untuk rekeningpun bukan atas nama perusahaan namun atas nama perorangan.
Untuk mengantisifasi hal ini yang perlua anda perhatikan adalah :
  • Nomor rekening yang diberikan merupakan atas nama pengelola / admin yang tertera pada web dengan satu nama meskipun melalui berbagai banyak Bank.
  • Bersama sama memberikan itikad baik dan sama sama menanamkan kepercayaan, dalam hal ini konsumen memberikan dana pembayaran Uang muka sesuai kebijakan yang wajar (biasanya tak lebih dari 50 % dari total transaksi), dan apabila anda merasa dipaksa untuk pelunasan di awal, tanpa proses lebih mendalam, sebaiknya jangan melakukan/memberikan transaksi apapun dan disarankan untuk kembali mencari situs web yang lainnya.
Perlu diketahui dan dimaklumi bersama antara konsumen dengan pengusaha Catering Online, bahwa Situs Web merupakan salah satu media untuk tercapainya jual beli dengan maksud lebih simple tanpa harus mengunjungi tempat usaha ataupun Rumah pengusaha, namun apabila perlu survai itupun lebih baik.

Beberapa kasus jual beli online dalam bidang kuliner banyak sekali muncul penipuan baik terhadap pembeli maupin terhadap pengusaha kuliner, hal ini adalah salah satu cermin bagi kita untuk selalu waspada, dan dalam upaya meningkatkan kewaspadaan ini akan muncul  perasaan positif dan negatif antara konsumen dan pengusaha kuliner yang perlu sama sama dimaklumi terutama bagi yang baru menjalin kerjasama pembelian dan penjualan ;
  • Pihak konsumen akan selalu khawatir akan ketepatan waktu pengiriman, kualitas produk, dan terlantarnya uang yang sudah dibayarkan, sebetulnya untuk pengusaha kuliner pun mempunyai tingkat kehawatiran seperti itu, dan apabila itu terjadi, karena pengusaha kulinerpun akan memasuki kebangkrutan usahanya, apabila situs web yang telah diolahnya bertahun tahun dengan biaya yang tidak sedikit akan kotor dengan komentar negatif, lebih hancur lagi kalau hal ini menjurus pada penipuan berujung penjara.
  • Pihak Konsumen untuk menghindari kesangsiannya diharuskan mencari data dari pada perusahaan yang lengkap dan jelas, sama halnya dengan pihak pengusaha selain menentukan fixed pesanan dari uang muka yang sudah diterima, juga selalu mencari identitas calon konsumen melalui cara tersendiri, sehingga tak sedikit pihak pengusaha kuliner membatalkan pesanan seketika.
Demikian sekedar berbagi pengalaman Kang Asep dalam melakukan pengelolaan Rumah Makan dan Catering, mudah mudahan akan membuat anda nyaman dalam bertransaksi kuliner.

Terima kasih telah mengunjungi: